Bookmark Page !

Tuesday, August 23

Hal-Hal Yang Sulit Dilakukan Seseorang



Dari sekian banyak hal yang bisa dilakukan seseorang di dunia ini, ternyata ada beberapa hal yang sulit dilakukan oleh sebagian orang. Dan dari banyak hal yang sulit dilakukan oleh seseorang, ada beberapa hal yang paling sulit dilakukan. Hal apa saja yang sulit dilakukan oleh seorang manusia?

Sebelumnya, saya perlu menjelaskan bahwa artikel ini hanyalah hasil dari pengamatan dan pandangan saya secara pribadi. Jadi, sangat mungkin berbeda dengan apa yang anda pikirkan



gilonasis
1. Introspeksi diri, mengenali diri sendiri
Hal ini saya sadari ketika ada seorang teman yang bertanya, "kamu ini tipe orang yang seperti apa sih..?"
Dan terus terang saja, saya tidak bisa menjawabnya sampai saat ini. "saya ini tipe orang yang seperti apa sih..?" Juga ketika mengalami kegagalan atau melakukan sebuah kesalahan. Kita lebih sering mengkambing hitamkan hal-hal lain. Situasi, keadaan, dan bahkan orang lain sebagai penyebab kegagalan dan kesalahan. Padahal, introspeksi diri adalah cara terbaik untuk menyikapi kegagalan.



2. Bersikap kritis terhadap teman
Sangat sulit memberikan penilaian yang objektif kepada seorang teman. Apalagi kalau harus memberikan kritikan. Jangankan kritikan yang pedas, teman yang sudah jelas-jelas salah pun terkadang masih kita belain dan diberi dukungan. Apakah pembaca juga mengalami hal semaca ini..? Sampai-sampai ada pepatah bilang, "orang yang hebat adalah mereka yang mampu bersikap kritis terhadap temannya".
Wah.., sepertinya saya bukan termasuk orang yang hebat nih.


3. Menahan diri untuk tidak mencela dan mengomentari orang lain
Salah satu kebiasaan buruk yang sulit dihilangkan adalah mengkomentari apa yang sebenarnya tidak perlu dikomentari. Tapi entah kenapa, selalu saja kita ingin mengkomentari semua yang ada di sekitar kita. Kalau ada sesuatu terjadi, kemudian kita tidak ikut berkomentar, kok, rasanya aneh, ya..? Masih mending kalau komentarnya bagus. Lha, ini komentarnya mencela, menghina, menganggap sepele dan meremehkan orang lain.


4. Selalu berkata jujur dalam setiap keadaan
Apakah anda orang yang selalu berkata jujur dalam setiap keadaan dan kesempatan? Kalau jawabannya ya, maka anda termasuk orang yang hebat..!Kenapa..? Karena tidak semua orang bisa melakukannya. Ada beberapa orang yang sangat sulit untuk berkata jujur dalam situasi dan kondisi tertentu. Dan selalu saja kita menemukan banyak alasan-alasan untuk mencari pembenaran atas ketidak jujuran yang kita lakukan. Padahal, kebohongan akan tetap menjadi kebohongan walau dengan alasan apa pun.

5.Memberi Pujian dan Mengakui kelebihan musuh
Memberikan pujian kepada teman adalah hal yang biasa. Bahkan teman yang salah pun masih sering kita bela. Yang luar biasa justru ketika kita memberikan pujian kepada orang yang menjadi saingan kita. Tapi hal itu tidaklah mudah untuk dilakukan. Terkadang manusia terlalu angkuh untuk sekadar memberikan pujian kepada orang lain, terutama lawannya. dan terlalu bodoh untuk bisa mengakui kelebihan orang lain. Padahal, ketika kita mengakui kelebihan musuh kita, di situlah titik balik di mana kita bisa mengetahui apa kelemahannya.

Artikel ini hanya merupakan sebuah pandangan pribadi dalam menjalani kehidupan sehari-hari semoga ada manfaatnya.

Siap kirim seluruh Indonesia