Bookmark Page !

Tuesday, May 31

Managing Yours Sales & Distribution Activities

LATAR BELAKANG PROGRAM :

Sebagai Komandan Lapangan (Field Commander) atau Manager lini pertama, seorang Sales Supervisor wajib memiliki kemampuan dalam menerjemahkan Program yang telah dirancang oleh Management ke dalam bentu Petunjuk Pelaksanaan Tugas yang praktis di lapangan
Sebagai seorang yang memperoleh hasil melalui orang lain, maka keterampilan Interaksi & Komunikasi merupakan syarat utama yang harus dimiliki oleh seorang Sales Supervisor dalam memimpin pengembangan pasar bersama Team Penjualannya
Masih ada ditemui Sales Supervisor dalam mengerjakan tugas sehari-hari masih banyak mengerjakan pekerjaan yang seharusnya dikerjakan oleh Salesman. Pekerjaan utamanya sebagai Supervisor yang harus membuat Perencanaan, Petunjuk Pelaksanaan Tugas, Pendelegasian, Bimbingan & Dorongan, Monitoring & Evaluasi, serta Pengembangan Kinerja bawahan tidak sepenuhnya dilakukan.



SASARAN PROGRAM :

Setelah selesai mengikuti Programini para peserta akan :
Menyadari peran sebagai Sales Supervisor yang lebih banyak berada di tengah-tengah Team Penjualannya (sebagai Field Commander), yang dalam melaksanakan tugas bisa membedakan antara Aktivitas Tehnis dan Aktivitas Supervisi
Mampu menerjemahkan program Kerja ke dalam bentuk Rencana Langkah-Langkah Praktis di lapangan, sebagai pedoman bagi Team Penjualan dalam menjalankan tugas
Memiliki kemampuan interaksi & komunikasi dengan bawahan melalui Sales Meeting yang rutin, pendelegasian dan perintah kerja yang efektif, kontrol yang cermat, serta bimbingan yg terus-menerus
Memiliki kemampuan dalam mengembangkan kinerja Team Penjualan, dengan cara melakukan monitoring & evaluasi kinerja bawahan di pasar, secara berkesianambungan, yang ditindaklanjuti dengan melatih mereka di tempat kerja (On-the-Job Training).

GARIS BESAR MATERI :

Peran dan tanggung jawab seorang Sales Supervisor sebagai Komandan Lapangan
Perbedaan antara AktivitasTehnis dan Aktivitas Supervisi
Peran strategis seorang Sales Supervisor sebagai jembatan antara Management dan Karyawan
Aktivitas seorang Sales Suparvisor sehari-hari
Hakekat dari sebuah Perencanaan
Bagaimana menentukan Sasaran dari sebuah Perencanaan
Prinsip Dasar dalam menetapkan Sasaran
Peran Sales Supervisor dalam menerjemahkan Program ke dalam Rencana Tindakan Praktis
Format Rencana Tindakan (Action Plan)
Proses merancang Perencanaan yang komprehensif dalam mengembangkan pasar
Bagaimana melakukan Fact Finding di pasar
Bagaimana menetapkan Rencana Pengembangan berdasarkan Fact Finding
Hubungan antara Perencanaan dan Pelaksanaan
Mengapa tugas perlu didelegasikan, serta manfaat bagi Supervisor, maupun Salesman

4 Tahap dalam proses Memberi Perintah Kerja

Kondisi yang mempengaruhi cara memeberi perintah
Bagaimana menindaklanjuti perintah
Hakekat Memimpin Rapat, serta proses step by step
Bagaimana mencatat dan menindaklanjuti hasil rapat
Bagaimana mempersiapkan Rapat Penjualan (Sales Meeting) rutin
Proses Memimpin Rapat Penjualan step by step
Monitoring & Evaluasi sebagai salah satu Aktivitas Supervisi dari seorang Sales Supervisor
Penggunaan Key Indicator dan SOP dalam proses melakukan evaluasi
Mekanisme Monitoring & Evaluasi terhadap kinerja Salesman di pasar
Bagaimana merancang Rencana Pola Evaluasi dan Formulir Evaluasi
Bagaimana merencanakan dan melaksanakan Pelatihan di Tempat Kerja (On-the-Job Training)

TARGET PESERTA :

Sales Supervisor atau Sales Coordinator / Area Coordinator yang berperan sebagai Komandan Lapangan yang tugas utamanya membimbing, membina, serta mengontrol aktivitas Salesman di pasar

JANGKA WAKTU :

2 (dua) hari @ 7 (tujuh) jam efektif per hari, atau 14 (empatbelas) jam efektif

METODOLOGI BELAJAR – MENGAJAR :

Menjelas konsep yang diikuti oleh contoh-contoh yang berkaitan dengan cara merancang Rencana Tindakan Praktis dilapangan, cara memimpin Rapat Penjualan, cara merancang System Evaluasi serta mekanisme pelaksanaannya, termasuk cara Memberi Perintah Kerja. Selanjutnya setiap peserta diminta Latihan / Praktek melakukan sesuai contoh.

Siap kirim seluruh Indonesia